Bersama Melawan Covid-19

INFOWONOSOBO.COM,Wonosobo-Danramil Kapten Inf Heru Utomo menyampaikan bahwa wabah virus Covid-19 ini tidak hanya di Wonosobo saja akan tetapi sudah melanda hampir seluruh dunia. Untuk itu kita semua harus bersatu, bersama – sama ikut berperan aktif memutus rantai penyebarannya.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam upaya mengatasi penyebaran virus ini seperti bagi orang yang habis bepergian atau pulang merantau dari daerah zona merah agar mengkarantina diri sendiri selama 14 hari. Kondisi saat ini jumlah ODP dan PDP untuk Wonosobo semakin meningkat. Dengan melihat perkembangan yang terus meningkat maka diharapkan semua masyarakat ikut berperan seperti tidak keluar rumah jika tidak sangat penting.

Karantina rumah dilakukan agar dapat menekan penyebaran virus corona yang dilakukan dalam satu rumah. Hal ini berarti melakukan isolasi diri beserta benda-benda yang disinyalir dapat menularkan virus corona. Dalam hal ini, orang lain tidak dapat berinteraksi secara langsung pula dengan orang yang terduga terinfeksi virus corona ataupun dengan benda-benda yang telah digunakan.

Sebab, virus corona tersebut dapat hidup pada permukaan benda seperti logam, alumunium, kayu, kaca, dan plastik selama beberapa hari. Kebutuhan untuk bersosialisasi tetap dapat dilakukan menggunakan sambungan telepon atau internet. Hindari berinteraksi sosial secara langsung apabila belum dinyatakan bebas dari virus corona.

Fatonah dan Arija Dika petugas dari Puskesmas 1 Wonosobo menyampaikan ada beberapa cara memutus rantai penyebaran virus seperti Rajin Mencuci Tangan, sekitar 98 persen penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit berasal dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih dengan air mengalir dan sabun secara efektif mampu membunuh kuman, bakteri, dan virus. Tak terkecuali virus Corona Covid-19.

Tak heran, di tengah pandemi corona ini, WHO dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan bersih. Selain itu, virus Corona Covid-19 ini juga dianggap akan luluh jika terkena sabun.

Hindari Sentuhan Fisik dan jaga jarak

Cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona berikutnya yaitu hindari melakukan sentuhan atau kontak fisik. Sentuhan fisik itu mulai dari berjabat tangan hingga berpelukan dengan orang lain. Kemudian, kita dianjurkan untuk menjaga jarak sosial saat pandemi Corona. Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan jika tidak ingin terinfeksi virus corona.

Pemerintah pun juga telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan melakukannya, itu berarti kita sudah satu langkah mencegah penularan virus Corona. Paling tidak, jagalah jarak dengan orang lain sekitar 1,5 meter. Tidak hanya di tempat umum, jaga jarak fisik juga bisa diterapkan di rumah.

Hindari Perkumpulan Sosial

Di tengah pandemi Corona, mereka memutuskan untuk menghentikan semua aktivitas keramaian. Ini sebagai bentuk cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona. Tidak hanya di tempat umum, tindakan ini juga harus dilakukan di sejumlah tempat. Mulai dari gedung olahraga, tempat makan, hingga tempat ibadah.

Etika Batuk dan Bersin dan Hindari Menyentuh Wajah

Salah satu penyebaran virus Corona yaitu melalui droplet atau percikan kelenjar liur. Percikan tersebut keluar saat seseorang batuk ataupun bersin. Untuk itu, saat bersin dan batuk seseorang harus menutup mulutnya dengan tangan. Akan lebih baik lagi menggunakan tisu sebagai media menutup mulut. Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar virus tidak menempel di tangan.

Cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona berikutnya yaitu menghindari menyentuh wajah. Usahakan untuk tidak menyentuh area segitiga wajah seperti mata, mulut, dan hidung. Area ini memang lebih rentan tersentuh oleh tangan, baik sadar maupun tidak. Untuk itu, sangatlah penting bagi seseorang di tengah pandemi corona ini untuk menghindari menyentuh wajah. Sebab, hal ini bisa menjadi media penularan virus Corona.

Hindari Berbagi Barang Pribadi

Telah dikatakan oleh sejumlah penelitian dan studi, virus Corona mampu bertahan hidup di permukaan hingga beberapa hari. Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Mulai dari peralatan makan, sedotan, handphone, hingga sisir. Tidak hanya tubuh, menjaga kebersihan tempat tinggal juga sangat penting. Ini juga menjadi salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona.

Bersihkan perabotan rumah terutama yang sering disentuh oleh anggota keluarga. Mulai dari gagang pintu, furnitur, meja hingga remot televisi. Kalian bisa menggunakan cairan disinfektan buatan sendiri untuk membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *