Cegah Covid-19, Crew Bus Dan Penumpang Di Cek Kesehatan

Dinas Perhubungan (Dishub), Palang Merah Indonesia ( PMI ) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo melakukan cek kesehatan bagi para crew bus dan penumpang dan juga menyemprotkan disifektan atau bahan kimia yang digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi virus korona (Covid-19) pada kendaraan saat memasuki terminal bus Mendolo dan Terminal bus Sawangan kabupaten Wonosobo (24/3)

Tercatat ada 70 kendaraan bus yang berhasil disemprot disinfektan dan 500 orang penumpang yang di cek kesehatan setiap harinya. Penyemprotan dilakukan secara menyeluruh nya dari stank sopir, tempat duduk dan sudut-sudut bus yang biasa ditempati penumpang, rata – rata bus yang kami semprot dan di lakukan cek kesehatan baru melakukan perjalanan dari Jakarta katanya.

“Dengan melakukan cek kesehatan dan penyemprotan disinfektan ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran infeksi virus korona, yang saat ini di khawatirkan warga Wonosobo. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, seluruh kendaraan bus yang memasuki kabupaten Wonosobo diberikan layanan cek kesehatan dan Disinfektan Virus Korona,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Wonosobo Bagyo Sarastono.

Selain melakukan cek kesehatan dan penyemprotan disifektan, Dishub Semarang juga memberikan sosialisasi kepada para pengemudi dan penumpanh bus tentang tindakan pencegahan infeksi virus korona.

Dalam sosialisasi tersebut berisikan tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi virus korona di Wonosobo. Salah satunya melakukan koordinasi, sosialisasi dan edukasi mengenai upaya pencegahan dan pengendalian kepada pengguna jasa angkutan dan crew bus.

Kemudian menyiapkan alat deteksi tubuh dan antiseptik, masker bagi yang sakit, serta memastikan armada dalam keadaan bersih dan higienis.

“Hal ini sesuai dengan edaran surat pemerintah kabupaten Wonosobo dalam rangka peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi virus korona di Kabupaten Wonosobo. Dari hasil pantauan, kebanyakan para pengemudi tidak memiliki masker dan hand sanitizer,” pungkasnya. (ABCS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *