Central Purchasing Solusi Menekan Pembiayaan JKN Di RSMA

Infowonosobo.com – Majelis Pembina Kesehatan Umum ( MPKU ) PP Muhammadiyah adakan silaturahim nasional untuk meningkatkan ukhuwah dalam berkolaborasi dan bersinergi antar rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di ruang serba guna dr. Erwin Santosa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo.Senin, 09/09 2019.

Peraturan pemerintahan mengenai rumah sakit pendidikan, undang-undang perumahsakitan, undang-undang pendidikan kedokteran, dan undang–undang tentang yayasan berdampak sangat luas terhadap keberangsungan amal usaha kesehatan (auk) Muhammadiyah, hal ini perlu disikapi dengan serius dan bijaksana.

Melalui silaturrahmi nasional ini, sejumlah direktur rumah sakit Muhammadiyah dan Asiyiyah seluruh Indonesia sepakat meneguhkan kommitmen bersama dalam rangka menghadapi segala kemungkinan terkait kebijakan pemerintah yang berdampak pada amal usaha muhammadiyah bidang kesehatan.

Dr. Slamet Budiarto, SH. Mh. Kes wakil ketua mpku PP Muhammadiyah menyampaikan, rumah sakit Muhammadiyah telah bermitra dengan BPJS dalam melayani kesehatan masyarakat, Muhammadiyah memandang,  bahwa jaminan kesehatan nasional merupakan jalan yang harus dipertahankan dalam memenuhi hak – hak masyarakat,  namun secara teknis, sebagai lembaga pelayanan yang bangun dan berdiri dari swadaya masyarakat dan anggota persyarikatan, muhammadiyah memandang penting untuk terus mendorong  pemerintah, khususnya kementerian kesehatan dan  BPJS dalam melakukan pembenahan sistem operasional dan pembayaran.

Peserta silaturrahmi mengikuti pemaparan materi dari narasumber PP Muhammadiyah.

Perubahan sistem pembayaran JKN berdampak pada managemen internal administrasi rumah sakit Muhammadiyah salah satunya adalah alat kesehatan dan obat, rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah saat ini menerapkan central purchasing melalui lembaga yang berfungsi sebagai negosiator kepada perusahan obat, sehingga didapat harga alkes dan obat yang kompetitif dan efisien untuk menekan biaya operasional pelayanan kesehatan tanpa mengurangi kualitas yang ada.

Dr. Akhmad Muzairi, Mars. memberikan apresiasi dengan ditunjuknya RS PKU Muhammadiyah Wonosobo sebagai tuan rumah silaturrahmi nasional , dirinya berharap, ukhuwah yang terjalin antar rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah semakin membawa keberkahan dalam melayani ummat melalui bidang kesehatan. Mpi/ hans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *