Dinas Perhubungan Kabupaten Wonosobo membuka kembali pelayanan uji

INFOWONOSOBO. COM, Wonosobo, Kelayakan kendaraan (KIR) dari tanggal 8 juni 2020 uji kir kendaraan yang biasanya 50 unit kendaraan kini membludak menjadi rata-rata 100 unit kendaraan per hari yang mengikuti uji kir

“Layanan uji KIR memang sempat kami tutup selama April 2020 kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonosobo Bagyo Sarastono (17/6)

Hanya saja, kata dia, pelayanannya berbeda dengan sebelumnya karena setiap hari hanya melayani 50 unit kendaraan dan sekarang membludak hingga bisa mencapai 100 unit kendaraan, pembludakan kir tersebut di karenakan hampir kurang lebih 3 bulan pelayanan uji kir di tutup

Uji pelayanan KIR berlaku setiap hari Senin-Sabtu hanya dilayani mulai pukul 07.30-13.00 WIB.

Alasan kembali dibuka, karena Dishub wonosobo juga dibebani dengan pendapatan anggaran daerah yang berkurang selama pandemi Covid-19 sehingga layanan KIR kembali dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi penyakit virus corona 19 (COVID-19).


Dalam melaksanakan tugas pengujian, masing-masing petugas juga mengenakan alat pelindung diri (APD) Lengkap.

Sementara kendaraan yang hendak dilakukan KIR terlebih dahulu dilakukan penyemprotan dengan disinfektan demi mencegah penularan virus corona.

Tindakan pencegahan penularan dimulai saat kendaraan memasuki kompleks kantor Dishub Wonosobo dengan meminta mereka melakukan cuci tangan dengan sabun, kemudian disemprot dengna disinfektan dan wajib memakai masker.

Bagi pemohon KIR yang sedang menunggu antrean juga diminta menerapkan physical distance (jaga jarak).

Meskipun jam pelayanan dibatasi, pengecekan dilakukan secara menyeluruh terhadap sembilan item persyaratan yang harus dipenuhi.

Di antaranya, peralatan, sistem penerangan, sistem kemudi, as dan suspensi, ban dan pelek, rangka dan bodi, sistem rem, mesin dan transmisi serta sistem bahan bakar dan kelistrikan.

Masing-masing item masih ada beberapa komponen yang harus dipastikan kelayakannya sehingga ketika salah satu ada yang kurang, maka kendaraan belum dinyatakan lolos uji.Dika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *