Kenalkan Ragam Potensi, Wadaslintang Adakan Festival Desa

Infowonosobo.com – Beragam makanan tradisional yang dijual dalam acara festival desa di Desa Sumberejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, (16/10).

Festival tersebut mengenalkan desa dengan berbagai potensinya berupa wisata alam, budaya hingga kuliner.

Festival yang digelar selama dua hari dari 16/hingga 17/10 ini, menampilkan perwakilan desa wisata , kerajinan dan kuliner nusantara.

Camat Wadaslintang, Mitro Sambodo menyatakan festival ini baru pertama kali digelar. Festival yang berlangsung dua hari berturut-turut ini terdapat beragam agenda.

Diantaranya, talk show, makan ikan bersama, kesenian, seminar desa wisata, dan hiburan dangdut. “Festival Desa ini baru pertama ini sekaligus untuk mengenalkan potensi masing – masing desa ke masyarakat.

Salah satu potensi desa yang ada di Wadaslintang berupa makanan tradisional dijajakan disalah satu stand Festival Desa

Festival Desa ini merupakan wujud dalam menyokong program pemerintah pusat, yakni membangun dari pinggiran dari desa untuk bangsa. Mewujudkan program itu salah satunya dengan membentuk desa wisata ucap Sambodo.

Dikatakan desa bukan dibentuk menjadi pariwisata, melainkan dijadikan sebagai alat untuk mewujudkan pariwisata. “Dengan adanya desa wisata, ekonomi maju. Di Wadaslintang, tidak hanya waduknya saja, ada Kumejing, Erorejo, dan masih ada 22 destinasi tempat desa wisata lainya di wadaslintang. Ini bisa dijadikan pembelajaran berbasis pariwisata,” jelasnya.

Melalui festival desa ini, pihaknya berharap desa lain yang di Wadaslintang bisa berkembang sporadik. “Dengan catatan, tidak boleh kehilangan nilai luhur desa, tidak boleh kehilangan roh desanya, tidak boleh kehilangan kearifan lokalnya,” pungkasnya. Dika/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *