Kodim 0707 Wonosobo Gelar Silat Budaya

INFOWONOSOBO. COM,Wonosobo-Kodim 0707 Wonosobo menyelenggarkan program Komsos kreatif dengan menggandeng Ikatan Pencak Silat (IPSI) Wonosobo dalam acara pagelaran Silat Budaya yang diikuti oleh 9 perguruan Silat di Wonosobo. Selasa (21/07)

Dandim 0707/Wonosob Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para perguruaan pencak silat sehingga kegiatan yang sukses di gelar dihalaman Makodim.

Dandim mengatakan kegiatan ini sebagai peran serta TNI ikut menjaga tali silaturohmi antar pesilat, juga sebagai sarana untuk saling mengenal. Dengan sudah saling mengenal maka kejadian diluar sana seperti perkelahian antar perguruan atau perguruan dengan masyarakat tidak terjadi di Wonosobo.

Agar persaudaraan terus terjaga maka entensitas sering dilakukan untuk itu Kodim merencanakan untuk tahun depan atau setiap tahun diadakan kegiatan semacam ini.

“Saya melihat hal baik disini, dalam perunjukan yang digelar ada satu tim ternyata berasal dari berbagai perguruan, ini sangat bagus untuk menjaga kerukunan. Jadi kemungkinan terjadinya perselisihan antar perguruan yang berujung kekerasan antar kelompok perguruan dapat dihindari,” ujarnya lagi.

“Kegiatan ini selain sarana menjalin tali silaturohmi dan menjaga persaudaraan antar pesilat beda perguruan, juga sebagai alat menjaga silat sebagai budaya Nusantara.

Pencak silat merupakan budaya yang sangat tinggi. Berbeda dengan olah raga bela diri yang lain. Karena disana mengandung usur filosifi olah raga, olah rasa dan ilmu kehidupan. Jika itu benar – benar diterapkan maka tidak akan ada perkelahian antar perguruan,” kata Dandim.

Saat ini merupakan masa pendemi Covid – 19. Pencak silat bisa menjadi alat penangkal virus tersebut. Sebab dengan kita melakukan latihan secara benar maka tubuh kita akan sehat, imunitas semakin baik sehingga virus tidak mudah masuk kedalam tubuh kita.

Sementara Ketua IPSI Wonosobo, Sumekto Hendro saat ditemui dalam kegiatan tersebut menyambut gembira atas kesempatan yang diberikan oleh pihak Kodim 0707/Wonosobo, dirinya menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah pagelaran silat yang diikuti oleh berbagai perguruan ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar, terima kasih sudah ikutkan dalam kegiatan Komsos Kreatif Kodim 0707/Wonosobo. Semoga kolaborasi ini bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan demi melestarikan budaya bangsa yang adi luhung,” harap Sumekto.

Harapan dari ketua IPSI yang lain adalah dari pencak silat ini adanya kolaborasi antara olah raga dengan sektor pariwisata. Sehingga jika pencak silat ini sudah dipadukan dengan pariwisata maka akan menghasilkan nilai ekonomi. Sehingga selain tubuh sehat juga ekonomi kuat.

Tidak lupa Sumekto melaporkan kepada Komandan Kodim bahwa pencak silat Wonosobo keberadaanya cukup disegani, baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional. Dari pendekar yang hadir disini ada yang besok akan mewakili Jawa Tengah di PON yang akan datang. Ada juga yang kemarin telah bertanding ditingkat internasional dan mendapatkan medali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *