Penerjunan Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik, UNSIQ Jawa Tengah Di Wonosobo

INFOWONOSOBO.COM,Wonosobo – Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo melaksanakan penerjunan mahasiswa untuk Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik Periode II secara Daring di Ruang Rapat lt. 2 Rektorat UNSIQ, Senin (06/7/2020). Dengan mengangkat tema Edukasi Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Dampak Corona (Covid-19) .

Kegiatan ini dihadiri Rektor Unsiq Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M , Wakil Rektor I Dr. H. Zaenal Sukawi, M.A, ketua Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Sri Haryanto, M.Pd, perwakilan perkelompok dan seluruh peserta KPM Tematik melalui Media Online.

Rektor Unsiq, Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M dalam sambutannya mengungkapkan bahwa KPM Tematik kali ini sebagai bentuk komitmen Universitas untuk mengabdi pada masyarakat.

“Unsiq berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat luas, terutama dalam upaya pencegahan Covid-19 ini, mahasiswa bukan hanya mengabdi untuk institusi tapi juga untuk kemanusiaan” turu Rektor Unsiq yang bisa dipanggil Abah.

Sementara itu, ketua LP3M Unsiq, SRI Haryanto, M.Pd menjelaskan bahwa KPM kali ini dilakukan secara mandiri, dimana mahasiswa melakukan pengabdian dilingkungan tempat tinggalnya.

“Sekitar 508 Mahasiswa peserta KPM yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, akan mengabdikan diri kepada masyarakat di sekeliling untuk memberikan edukasi tentang Covid-19 serta memberi alternatif dan startegi untuk bidang ekonomi khususnya ketahanan pangan” ucapnya.

Tentu dalam penyelenggaraan KPM tematik di tengah pandemi ini ada dampak positif dam negatifnya. Menurutnya, positifnya para mahasiswa dapat lebih mandiri dan berperan aktif di lingkungannya, sedangkan dampak negatifnya dari sisi kontrol aktivitas mahasiswa hanya dapat melalui daring.

Sri Haryanto menambahkan, sebelum mengikuti KPM para mahasiswa telah mengikuti workshop soft skill melalui Daring tanggal 22-25 Juni 2020 dan Pembekalan Umum pada tanggal 29 Juni 2020. Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dan sesuai kebutuhan.

Kontributor : Sofiyanto Mahasiswa KPI UNSIQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *