PKU Muhammadiyah Wonosobo Miliki Klinik Medical Cek Up dan Vaksinasi Internasional

Infowonosobo.com – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah H. Tafsir, M.Ag melakukan pemotongan pita sebagai tanda launching Layanan Medical Cek Up (MCU ) dan vaksinasi internasional di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo. 25/ 01 2020

Hadir dalam acara tersebut jajaran PDM Wonosobo, Direksi PKU Muhammadiyah, perwakilan kementerian agama,perwakilan kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi, perwakilan biro haji dan umroh di Wonosobo, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) II Cilacap dan PWM Jawa Tengah.

Klinik Medical Cek Up dan Vaksinasi Internasional milik PKU Muhammadiyah sudah disiapkan sejak maret 2019 diawali dengan mengirim tenaga kesehatan untuk pelatihan vaksinologe dewasa  di Jakarta dan selanjutnya menyiapkan property standar KKP yang akan digunakan hingga dua kali visitasi dari KKP II Cilacap.

Direktur PKU Wonosobo menyampaikan dalam sambutannya, “ menyiapkan Klinik vaksinasi internasional semata-mata untuk lebih banyak manfaat kepada warga Wonosobo, selama ini warga Wonosobo harus pergi ke Cilacap atau ke semarang untuk vaksinasi sebelum berangkat haji atau umroh, dan tidak  hanya vaksinasi Internasional, PKU juga menyiapkan klinik medical cek up sehingga kedepan calon TKI tidak kesulitan dalam cek kesehatan sebelum berangkat ke negara tujuan.”

Baca juga : Ratusan Massa Menggelar Aksi kemanusian Untuk Muslim Dunia

“ menyiapkan ini semua tidaklah mudah, karena yang akan dilayani adalah calon tamu-tamu Allah yang akan berangkat ibadah ke tanah suci, selain kulkas vaksin yang berkualitas standar KKP, juga diperlukan SDM yang baik untuk mengelolanya. “ tuturnya.

Mini seminar diikuti tamu undangan untuk mendengarkan langsung pemaparan tentang vaksin dalam pandangan Muhammadiyah

Sebelum acara pemotongan pita,PWM Juga memaparkan bagaimana Muhammadiyah menerima Vaksin sebagai suatu konsep islam berkemajuan, selama alqur’an tidak melarang, maka sebagai landasannya adalah perbuatan itu tidak merusak agama, dan  tentunya Muhammadiyah tidak menyalahkan yang berbeda pendapat karena mereka memiliki landasan sendiri, dan dengan hadirnya medical cek up bertaraf internasional, kedepan PKU Muhammadiyah harapannya tidak hanya menjadi Rumah sakit bertaraf nasional akan tetapi berubah menjadi Internasional.

Ia menambahkan, menurutnya, konsep islam berkemajuan harus bisa menyentuh empat aspek diantaranya keagamaan dengan masjid, yang kedua pasar sebagai pusat ekonomi dan ketiga bisa masuk ke ranah pemerintah sebagai pengambil kebijakan serta alun-alun untuk hiburan masyarakat. Muhammadiyah tidak boleh membawa jamaahnya hanya berkutat di masjid sehingga menyebabkan kemunduran.

H. Tafsir  menyatakan apresiasinya kepada direksi RS PKU Muhammadiyah Wonosobo yang berani melakukan terobosan untuk layanan MCU dan Vaksinasi Internasional, hal ini akan sangat membantu masyarakat dalam layanan kesehatan. / hans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *