Pemuda Serayu Terbiasa Tangkap Ikan Kali Dengan Tangan Kosong

Infowonosobo.com – Memiliki kemampuan menangkap ikan dengan kail maupun jala banyak dimiliki oleh orang terutama yang tempat tinggalnya di pantai maupun di sepanjang aliran sunga, tapi kemampuan menangkap ikan menggunakan tangan kosong hanya dengan meraba sangatlah unik dan tidak banyak dimiliki orang, seperti yang dilakukan oleh para pemuda warga dusun Serayu desa Besani Leksono. Dengan instingnya mereka mampu mengumpulkan ikan hingga puluhan kilo sekali berangkat dengan durasi tiga hingga empat jam.

Crew infowonosobo.com berhasil mengabadikan momen saat mereka terjun ke dalam aliran sungai, meski badan mereka gempal tapi kegesitan dalam berenang dan menyelam untuk mendapatkan ikan patut diacungi jempol.

Pemuda Serayu sedang Gletek, mencari ikan dengan tangan kosong dialiran sungai pinggir desa

Kondisi sungai yang sedang jernih agak menyulitkan mereka untuk mendapatkan jumlah ikan yang mereka inginkan, kondisi terbaik untuk menangkap ikan dengan tangan kosong yang mereka sebut dengan Gletek adalah saat kemarau berakhir dan hujan yang turun pertama diakhir kemarau dimana sungai dalam kondisi keruh tapi tidak banjir.

Baca Juga : Anggota Persit 0707 diperiksa Polres Wonosobo

Biasanya, mereka berangkat menyelam setelah maghrib dan pulang jam sembilan malam, yang terbagi dalam beberapa kelompok dengan tujuh sampai delapan orang perkelompok dimana hasil tangkapan ikan akan dibagi rata sejumlah anggota kelompok.

” Pada saat menyelam, mata terpejam karena kalau matanya membuka malah sakit.” Ujar Purwanto, Pemuda dari Serayu.

Tidak sedikit yang memesan ikan kepada mereka, karena ikan hasil tangkapan banyak yang dimasukkan ke aquarium untuk hiasan. selain bentuknya yang bagus juga kondisi ikan yang tidak rusak, berbeda ketika ikan terkena pancingan dengan mulut sobek dan terluka.

Pemuda warga dusun serayu sudah terbiasa menangkap ikan dengan tangan kosong dan kemampuan ini sudah turun temurun, hingga saat ini anak-anak kecil sudah mulai ada yang terjun kesungai untuk belajar.

Saat posisi mereka didalam air, mereka menyimpan hasil tangkapan ikan dilipatan pinggang celana dan saat sudah tidak muat mereka baru kembali ke tepi untuk menaruh hasil tangkapan.

Selain kemampuan gletek , warga dusun Serayu juga terkenal karena kemampuan mereka dalam menyelam dan dengan kemampuannya ini mereka gunakan untuk membantu saat terjadi musibah orang tenggelam atau hanyut di sungai. hans/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *