Puluhan Pengelola Pendakian Digembleng Basarnas di Gunung Kembang

Infowonosobo.com – Puluhan pengelola Base Camp pendakian se KPH kedu Utara mendapat gemblengan diklat Jungle Rescue dari Basarnas. 28/01 2020.

Rencana diklat akan dilaksanakan selama lima hari dari 27 – 31 januari. peserta akan digembleng dalam pelatihan jungle rescue untuk potensi pencarian dan pertolongan diketinggian gunung.

Materi diklat disampaikan oleh Basarnas Semarang dengan 10 personil dan assisten 10 orang.

Sesi pertama dilaksanakan di base camp kledung dalam waktu dua hari dan tiga hari sisanya dilaksanakan di gunung kembang.

jumlah peserta diklat sebanyak enam puluh orang, 58 laki-laki dan dua perempuan yang berasal dari 30 base camp pendakian gunung Ungaran, Telomoyo, Andonog, Sumbing, Sindoro, kembang, prau, Bismo dan Pakuwojo.

Pembukaan diklat Jungle Rescue se KPH Kedu Utara di base camp Kledung

Herman Sutrisno, Junior Manager Bisnis Perum Perhutani KPH Kedu Utara menyampaikan, tujuan dari diklat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan pendakian atau base camp se KPH Kedu Utara untuk lebih professional dalam pelayanan, selain itu juga untuk menambah kepercayaan diri bagi anggota dan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan jalinan silaturrahmi antar base camp se KPH Kedua Utar.

Suparno dari Muhammadiyah Disaster Managemen Centre ( MDMC ) menyambut baik adanya diklat ini, menurutnya, banyaknya pengelola base camp yang belum memiliki keterampilan jungle rescue menjadi hambatan dalam pelayanan para pendaki. jelasnya

Ia mengatakan, nantinya potensi SAR ini bisa diaplikasikan untuk menolong para korban yang membutuhkan pertolongan saat dalam pendakian, khususnya jungle rescue./ hans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *