Reses , Vita Ervina Tanam Pohon Durian Bersama Masyarakat

Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina SE, MBA., dari Fraksi PDI Perjuangan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam merawat kelestarian kawasan hutan dan lingkungan hidup.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian kawasan hutan dan lingkungan hidup, Vita Ervina, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP dalam kegiatan reses, Senin (6/1/2020) melakukan kunjungan ke daerah pemilihan yaitu Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Kegiatan reses juga diisi dengan penanaman pohon produktif, atau lebih dikenal dengan Gerakan Menanam Pohon.

“Wonosobo sebagai daerah yang secara geografis berada di dataran tinggi dan pegunungan memiliki potensi yang cukup besar akan terjadinya longsor dan banjir bandang. Melalui gerakan menanam pohon ini harapannya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya keberlangsungan hutan serta mampu memberdayakan masyarakat melalu tanaman produktif, ” kata Vita Ervani.
Dalam gerakan menanam pohon ini, aneka jenis pohon yang ditanam beragam jenisnya, diantaranya sengon, jati, akasia, durian, jambu air, dan alpokat.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Krasak Kecamatan Selomerto Wonosobo dihadiri seluruh stakeholder di Wonosobo, yaitu Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo, Sri Handayaningsih, dan didampingi beberapa anggota DPRD Wonosobo serta, perangkat desa, dan angggota dari beberapa kelompok tani.

Vita Ervina menyatakan selain untuk menjaga kelestarian kawasan hutan, menjaga kesehatan lingkungan, penanaman pohon ini juga untuk mengoptimalkan potensi sumberdaya alam.

Di lokasi Desa Krasak yang jadi satu titik kunjungan, sejak lama sudah dikenal dengan daerah penghasil durian dengan kualitas yang sangat baik.

“Dengan pemberian bantuan bibit durian ini, maka kita harapkan desa ini bisa dijadikan sentra durian yang mampu meningkat kesejahteraan masyarakat,” kata Vita Ervina.

Sementara itu, Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo, Sri Handayaningsih menjelaskan gerakan menanam pohon sangat baik dikerjakan bersama masyarakat. Apalagi pohon yang ditanam jenis produktif.

Dengan gerakan menanam pohon hari ini, dapat menjaga kualitas hulu DAS Serayu yang menjadi sumber kehidupan bagi kabupaten Wonosobo sendiri dan daerah dibawahnya.

“DAS Serayu sendiri menjadi salah satu dari 15 DAS penting Nasional yang harus dipulihkan, sehingga menjadi sangat penting untuk menjaga lahan yang sudah baik dan memulihkan lahan kritis di Wonosobo untuk mendukung kehidupan,” kata Sri Handayaningsih. Dika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *