PASMA SMA Muhammadiyah dirikan usaha mandiri

Infowonosobo.com – Sebagai salah satu organisasi yang banyak membutuhkan pendanaan yang cukup tinggi, PASMA ( organisasi pelajar pecinta alam ) SMA Muhammadiyah Wonosobo tidak mau terus menerus merepotkan pihak sekolah. Oleh karenanya, jajaran pengurus dan alumni sepakat membuat usaha bersama untuk menopang roda kegiatan.

Dengan banyaknya pendanaan kegiatan, selain membuat beban anggaran sekolah terlebih membuat kecemburuan organisasi ekstra kurikuler yang lain.

“ Untuk mengembangkan perekonomian ekstrakuler pasma, maka kami sepakat membangun sebuah usaha yang nantinya dapat diberdayakan untk kepentingan kegiatan pasma”. Fuad menuturkan kepada infowonosobo.com

Menempati ruko yang berada tepat didepan sekola,h dirintislah beberapa usaha ekonomi antara lain konter / Jual pulsa, Jual Bensin Eceran / Pertamini / Pompa elektrik, sewa Alat Pendakian, Tour Guide Pendakian, Guide Outbond.

Adapun kedepan, jajaran pengurus pasma berencana mengembangkan sayap bisnisnya dengan aneka jenis usaha Jasa Cuci Sepeda Motor dan Karpet sampai tahap akhir sesuai program kerjanya yaitu Rafting guide.

Tidak mudah memulai usaha yang sebagian besarnya adalah para pelajar aktif di SMA Muhammadiyah, maka sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa memiliki, pengurus memberdayakan alumni sebagi penjaga/karyawan dan semuanya digaji.

Baca juga : https://infowonosobo.com/tingkatkan-kemampuan-pasma-sma-muhammadiyah-adakan-diklat/

Dukungan dari sekolah adalah yang utama selain peran Anggota Pasma sebagai pencari donasi dan sebagian kecil dengan alokasi kas organisasi.

Pasma merupakan organisasi/kegitan Ekstrakurikuler yang membutuhkan keuangan yang cukup tinggi, terlebih lagi jika berkegiatan di luar propinsi seperti Pendakian Gunung Slamet, Merbabu, Merapi, Ungaran, Lawu, Gede Pangrango, Semeru. (Aro/iw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *