Tingkatkan Nilai keimanan POLRES dan KODIM Adakan Kajian Bersama

Infowonosobo.com – Pengajian rutin setiap Kamis awal bulan di Pendopo Wonosobo  dihadiri Kodim, Polres dan Pemda dilaksanakan sebagai bentuk penguatan nilai keimanan dan ketaqwaan serta sebagai bentuk sinergitas antar aparat pemerintah di Wonosobo. Untuk kali ini sebagai pembicara KH. Teguh Ridwan. (06/02)

KH. Teguh Ridwan menyampaikan bahwa kita bekerja tiap hari kalau cuma dapat uang adalah kerugian , kalau kita bekerja di niat kan ibadah kita akan mendapatkan upah dan pahala. Umumnya orang bekerja untuk mendapatkan uang.  Jika pekerjaannya telah dihitung akan menghasilkan uang banyak, maka pekerjaan itu akan dikerjakannya dengan sangat baik. Namun apabila pekerjaan itu dinilai menghasilkan uang sedikit maka kerjanya asal-asalan saja. Ikhlas berarti membersihkan tujuan bekerja sebagai ibadah kepada Allah SWT dari segala noda yang mengotorinya. Memfokuskan diri bekerja sebagai ibadah hanya kepada Allah SWT dan bahkan bisa juga berarti tidak memperhatikan alam sekitar karena yang ada di matanya hanyalah Allah SWT semata.

Hendaknya dalam setiap memulai aktivitas kita selalu berniat karena Allah Swt. Apapun aktivitas atau pekerjaan itu. Bahkan pekerjaan yang seakan-akan itu bersifat duniawi, tetapi karena dimulai dengan niat yang baik (lillahi Ta’ala), maka akan bernilai ukhrawi, alias mendapatkan ridha dan pahala dari Allah Swt. Sebaliknya, perbuatan yang nyata-nyata ukhrawi (ibadah mahdhah misalnya) jika tidak diniatkan dengan baik (lillahi Ta’ala), maka ia akan bernilai duniawi. Inilah pentingnya niat (intension dalam bahasa psikologi modernnya).Termasuk dalam niat ini adalah perencanaan (planning) dalam mempersiapkan semua pekerjaan.

Tentu apa saja yang dikerjakan dan lakukan dalam hidup dan kehidupan di dunia ini, mesti kelak di hari kiamat atau hari kemudian akan diminta pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT oleh karena itu dalam hidup dan kehidupan di dunia ini, perlu mempersiapkan diri menghadapi kehidupan negeri akhirat, tempat yang kekal abadi, karena setiap manusia yang hidup di dunia ini akan diminta pertanggungjawabannya dari segala tingkah laku dan perbuatan yang pernah dikerjakan di dunia ini. Tidak satupun yang lolos dari pertanyaan dan pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT.

Kita dalam bekerja juga harus dilandasi jiwa bersaing yang sehat, tidak boros, selalu meningkatkan produktifitas serta saling mengingatkan untuk berbuat baik.  Jika dilandasi hal tesebut insya Allah kerja yang kita lakukan akan mengantarkan kita masuk surga.

Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo menyampaikan amanat dari Komandan Kodim Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat dalam rangka program jambanisasi diharuskan semua ASN, Polisi dan TNI agar memiliki jamban yang sehat.  Karena disinyalir masih ada aparat pemerintah yang belum memiliki jamban.

Pendim0707

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *