Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Lakukan Pendampingan Petani

Infowonosobo.com – Anggota Koramil 14 Sukoharjo Koptu Nasoka melaksanakan kegiatan pendampingan pengolahan lahan sawah milik Bambang Kelompok Tani Ngudi Luhur luas lahan 0,5 Ha Dusun Timbang Mergosari dengan mengunakan peralatan Kombinasi membajak, cangkul dan papan,  kondisi saat ini ari sangatlah lancar.(29/09

Persiapan lahan sawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh petani sebelum menanam padi di sawah.  Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil padi yang sesuai dengan harapan, karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan pengolahan lahan sampai tanaman itu bisa di panen. Lahan cocok tanam diolah untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai media tumbuh tanaman padi. Agar hasil tanam padi lebih mensejahterakan kehidupan para petani.

Koptu Nasoka mengemukakan bahwa dengan turunnya Babinsa membantu para petani diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani dalam mengolah lahan pertaniannya untuk mewujudkan swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah saat ini.

Koptu Nasoka bersama rekan terjun langsung melakukan pendampingan ke petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

“Kegiatan itu merupakan suatu kepedulian TNI dalam membantu pemerintah daerah menyuksekan Swasembada Pangan di Kabupaten Wonosobo sekaligus melaksanakan,” katanya.

Giat tersebut juga dilaksanakan untuk membantu mempercepat pengolahan sawah dan bertujuan memberi support dan motivasi kepada masyarakat agar petani dalam mengelola sawahnya  mendapatkan hasil panen yang maksimal.     

Bambang mengucapkan banyak terimakasih terhadap Koptu Nasoka dan rekannya selaku Babinsa karena sudah meluangkan banyak waktu unrtuk mendampinginya  mengolah lahan sawah tanpa kenal lelah. Bagi Koptu Nasoka kegiatan membantu petani merupakan tugas sebagai tindak lanjut dari MoU Menteri Pertanian dengan TNI tentang program Ketahanan Swasembada Pangan, Dengan demikian Babinsa memiliki kewajiban memberikan pendampingan ini kepada petani di wilayah masing-masing.

Diharapan dari kegiatan ini para Babinsa dapat mempelopori para petani di desa binaanya agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat untuk mendukung program ketahanan pangan. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat, maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang dan akan lebih mampu berperan dalam pembangunaan.Pendim 0707.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *