Karya Bakti Sebagai Ajang Silaturahmi

INFOWONOSOBO.COM,Wonosobo-Menjelang HUT KE-74 Hari Juang TNI-AD tahun 2019, Koramil 01/Wonosobo bersama Muspika, Kampak (Komunitas Pemancing Kejiwan), Dinas Lingkungan Hidup, Komunitas Kicau Mania Kejiwan, PKK dan serta komponen masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan aliran sungai di Kelurahan Kejiwan (22/9).

Kegiatan karya bakti dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Heru Utomo dengan melibatkan elemen masyarakat dan pemerintah  dan menggunakan berbagai perlengkapan seperti mobil sampah serta parang, cangkul dan alat pembersih lainnya.  Jadikanlah acara ini sebagi sarana silaturahmi kita bersama.  Karena disini berkumpul dari berbagai element mulai dari pemerintah, masyarakat, komunitas lingkungan dan PKK.

  Kapten Inf Heru Utomo sebelum kegiatan pembersihan sungai Tembalang menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa karya bakti ini selain kegiatan Jumat bersih, juga sebagai bentuk persiapan dalam memeriahkan HUT KE-74 Hari Juang TNI-AD tahun 2019. “Kita bekerja bersama, membangun sinergitas seluruh elemen baik TNI, Polri, Pemda dan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

“Kita akan masuk ke sungai yang banyak sampahnya dan membersihkan tumbuhan serta rerumputan yang ada di selokan, parit dan sungai,” lanjutnya kepada warga masyarakat. Dalam kegiatan ini, Danramil dibantu anggota koramil mengarahkan dan memimpin di setiap pembagian sektor kerja sebagai penanggung jawab atas kebersihan.

Camat Wonosobo yang membuka acara Bersih – bersih Sungai ini mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI-AD yang telah peduli terhadap kebersihan lingkungan khususnya sungai.  Hal itu sangat penting dilakukan karena saat ini memasuki musim penghujan.  Saat ini debit air cukup besar, jika saluran tersumbat maka akan mengakibatkan banjir atau paling tidak air meluap dan merusak tanggul sungai.

Dengan adanya kerja bakti ini sinergitas TNI, Polri, Pemda dan masyarakat sangatlah terjalin.  Kebersamaan benar – benar dirasakan dan yang paling penting adalah mengajak kepada semuanya untuk bersama sama menjaga kelestarian lingkungan.  Lingkungan bersih maka hidup ini akan terasa nyaman. 

Agus dari Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa kami sangat senang dengan adanya kegiatan kerja bakti bersama dengan TNI,  sebab TNI tidak hanya berbicara saja akan tetapi langsung memberikan contoh, terjun masuk sungai.  Masyarakat saat ini membutuhkan contoh langsung.  Dan itu sudah dilakukan TNI, sehingga masyarakat malu jika tidak ikut sungguh – sungguh dalam kerja bakti ini.

Kepala Kelurahan Kejiwan Amirullah  mengaku sangat mendukung dan semangat atas kegiatan yang digagas oleh Koramil 01/Wonsobo. Kami bekerja atas kesadaran yang dibangun oleh anggota TNI, apa yang dilakukan TNI semata-mata untuk masyarakat. Terlihat sejumlah anggota TNI dari Koramil bersama Muspika dan masyarakat melakukan kegiatan pembersihan sungai dengan penuh semangat dan antusias sehingga sungai yang mengaliri ke wilayah Kecamatan Banyumas dapat berjalan lancar dan bersih.

Pendim0707

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *