Koramil Isi Waktu Luang Setelah Ujian Dengan Latihan PBB dan Wasbang


INFOWONOSOBO.COM,Wonosobo-Koramil 04/Garung mengadakan latihan PBB dan pemberian materi wawasan kebangsaan bagi anak – anak SMP Negeri 1 Garung.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengisi waktu luang setelah siswa – siswi selesai mengikuti ujian semester. (11/12)

Pada pelatihan baris berbaris, sebelum kegiatan praktek di lapangan, baik Sertu Khaerudin  memberikan pelajaran teori tentang latihan dasar PBB antara lain gerakan ditempat,  berjalan maupun tata cara penghormatan yang benar. Selama latihan, anggota Koramil Garung tersebut tidak bosan memberikan koreksi sekaligus membenahi para siswa/siswi yang gerakannya kurang tepat/salah.

Sertu Khaerudin dibantu beberapa Babinsa melatih PBB bagi siswa SMP Garung. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa manfaat latihan PBB bagi siswa – siswi antara lain dapat  membentuk postur tubuh yang tegap, rasa persatuan dan disiplin sehingga pada akhirnya dapat membentuk sikap mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, serta secara tidak langsung mewujudkan rasa tanggung jawab dalam diri pribadi.  

Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.

Selain itu juga  manfaat latihan PBB dalam kehidupan sehari – hari adalah yang pertama untuk melatih daya konsentrasi, pasalnya, ketika melaksanakan baris-berbaris kita harus konsentrasi tingkat tinggi terhadap aba-aba yang diberikan kepada pemimpin, meskipun banyak gangguan disekelilingnya. Kedua, Belajar tentang solidaritas tim, dalam baris-berbaris tentunya tidak sendirian, biasanay terdiri dari 9 orang termsuk pemimpin. Ketiga. Belajar untuk diam dan mengatur emosi, benar sekali, disamping konsentrasi, kita juga harus pandai mengatur emosi, karena jika tidak, wah bisa hancur itu baris nya. Keempat. Belajar mendengar dan patuh.

Dalam waktu dan kesempatan yang sama dilaksanakan pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang)  olehSerka Amin Kisworo. Pada penyampain materi tersebut Serka Amin Kisworomengajak para peserta pelatihan untuk memahami dan mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga para siswa diharapkan memiliki perilaku sebagai bangsa Indonesia sejati, yaitu bangsa yang toleran, saling menghormati,  cinta tanah air dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Hal ini disebabkan karena perkembangan dunia saat ini begitu pesat diiringi perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak dengan cepat mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan ini yang juga sangat berpengaruh besar pada generasi muda. Di era globalisasi kita dapat melihat peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa dinilai sangat kurang.

Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian para pemuda terhadap bangsa, dimana nilai akan rasa nasionalisme dikalangan generasi muda sudah mulai luntur. Informasi yang berkembang saat ini dimana akses untuk mendapatkan informasi hampir tidak ada halangan menyebabkan generasi muda bangsa kita mudah untuk terpengaruh oleh informasi negative yang bertentangan dengan budaya bangsa. 

Kondisi seperti ini bila kita biarkan akan menggerogoti nasionalisme bangsa kita khususnya nasionalisme generasi muda Indonesia. Informasiinformasi negative yang dapat mengganggu mental dan moril generasi muda sangat mudah diakses dan sangat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda bangsa kita. 

Oleh sebab itu harus ada upaya yang dilakukan khususnya bagi generasi muda bagaimana kita menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman wawasan kebangsaan yang baik sehingga generasi muda memiliki daya tangkal yang baik terhadap segala sesuatu yang mengganggu stabilitas Negara Indonesia. 

Generasi muda adalah penerus bangsa yang harus dijaga dan dibentuk rasa nasionalisme mereka terhadap bangsa dan negaranya. Sehingga budaya, pola pikir, tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang datangnya dari luar dan saat ini bermunculan melalui informasi yang disampaikan melalui media social. Upaya yang dilakukan oleh Koramil Garung dalam menanamkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda terutama pelajar dilakukan secara terus menerus dengan tujuan agar generasi muda khususnya pelajar benar-benar mengerti dan memahami wawasan kebangsaan dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. 

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan bagi generasi muda khususnya pelajar sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upaya peningkatan wawasan kebangsaan bagi generasi muda khususnya pelajar dilakukan dengan membangun karakter agar memiliki wawasan dan motivasi yang kuat serta memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masa depan bangsa dan negaranya. 

Generasi muda merupakan sumber daya manusia yang potensial dimasa yang akan datang. Generasi muda merupakan potensi bangsa yang dipersiapkan untuk dapat berprestasi dan memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan bangsa dan Negara. Bila pemahaman wawasan kebangsaan meningkat maka keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI akan kuat karena secara sadar muncul semangat atau dorongan hati yang kuat untuk cinta tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI .

Kepala sekolah SMP Negeri Garung Teguh Imam mengucapkan banyak terima kasih kepada Koramil yang telah memberikan materi PBB dan wawasan kebangsaan bagi siswa – siswinya disaat tidak ada kegiatan belajar mengajar.  Ini merupakan momentum yang bagus sekali.  Semoga kegiatan ini bisa berlanjut dikemudian hari sehingga materi yang disampaikan tadi benar – benar tertanam dalam setiap diri anak – anak

Pendim 0707

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *