Outting Class : Mengenal Penulis Kitab Rifa’i ( Pendiri Rifa’iyyah)

Infowonosobo.com – Sejumlah santri kuttab Ibnu Abbas Wonosobo melakukan kegiatan outing class. Kunjungan kali ini mendatangi seorang penulis kitab ilmu dari Syeikh Ahmad Rifa’i bin Muhammad, seorang ulama pendiri Organisasi Massa Islam Rifa’i yah yang ada di Wonosobo. Kamis, 10/09 2019.

Ustadz Sufyan adalah salah satu alumni santri pondok pesantren Ndalangan kertek yang saat ini masih aktif menuliskan kitab-kitab karangan Syekh Rifa’i secara manual dengan goresan tangannya.

” Sejak dulu, kami diajarkan untuk menuliskan kitab-kitab ini, selain untuk melestarikan keberadaan kitab juga dimanfaatkan ketika kekurangan bekal maka kitab yang kami tulis dijual ke lingkungan pesantren.” Ia menceritakan kisahnya kepada para santri.

Selain belajar satu bab ilmu fiqih thoharoh, santri juga dikenalkan dengan alat-alat untuk menulis diantaranya adalah jidaran, alat untuk membuat garis diatas kertas putih sebelum digunakan untuk menulis.
Hasil tulisan yang dikenal dengan Arab Pegon selanjutnya di bukukan dan diberi sampul berwarna hitam, maka kitab tersebut disebut dengan kitab Ireng.

Ustadz Sufyan mempraktekkan cara penulisan Arab Pegon dihadapan santri Kuttab Ibnu Abbas.

Ust. Syukur pengasuh Kuttab Ibnu Abbas Wonosobo menyampaikan, Santri kuttab Ibnu Abbas diwajibkan untuk menuliskan ilmu apa yang mereka dapatkan dari uraian yang disampaikan oleh guru didalam kelas maupun hasil literasi yang mereka dapatkan sehingga tidak dibiasakan menuliskan kembali hasil tulisan guru ( copy paste ).

Diakhir sesi, santri diberi kesempatan untuk menulis Arab Pegon dengan arahan dari ustasz Sufyan yang selanjutnya dibacakan dihadapan teman-temannya. ( Anto/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *