Pendidikan Bela Negara Bisa Dilakukan Dengan Outbound

INFOWONOSOBO.COM,Wonosobo-Pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya adalah permainan outbound. Hal ini dipraktekan oleh Koramil 09/Kepil melaksanakan pendidikan PPBN kepada siswa SMK Al Madani yang dipandu langsung oleh Serma Bangun Widodo. (9/12)

Serma Bangun Widodo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan menanamkan bela negara dan wawasan kebangsaan.  Agar tidak membosankan dan masuk dalam pikiran siswa maka dilakukanlah kegiatan outbound.

Lebih lanjut disampaikan bahwa outbond merupakan kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, yang dapat memacu semangat belajar bagi para siswa-siswi. Selain itu, outbond juga sebagai sarana penambah wawasan pengetahuan yang didapat dari serangkaian kegiatan yang dilakukan para siswa-siswi, sehingga hal ini dapat memacu semangat dan kreatifitas seseorang. Outbond adalah usaha olah diri (olah pikir dan olah fikir) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi.

Manfaat dan tujuan outbond bagi para siswa dan siswa SMK Al Madani dalam Pelatihan bela negara untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbond ini membentuk pola pikir yang kreatif serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini juga akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.

 Pengalaman dalam kegiatan outbond memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang. Tujuan kita selenggarakan outbond ini, untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri dalam berkomunikasi dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehinga tercipta saling percaya antar sesama.

Para pelajar juga mendapatkan materi wawasan kebangsaan seperti keberagaman yang ada di Indonesia, baik itu keberagaman budaya, adat istiadat, suku, agama, bahasa yang tersebar dari Sabang hingga Marauke yang bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kendati adanya keberagaman tersebut, sebagai warga NKRI, itu semua tidak menjadi penghalang untuk kita hidup rukun dan damai, sesuai penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Materi outbound yang dilaksanakan antara lain tongkat estafet, permadani terbang, hulahop, water estafet dan memindahkan bola dengan tali. Siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan outbond, karena mereka menganggap sangat menarik dan penuh tantangan.

Selesai acara Koramil memberikan cendera mata kepada SMK Al Madani Kepil berupa Bola voly beserta jaring net, sebagai bentuk tanda cinta asih dan kedekatan TNI dengan anak – anak sekolah.  Semoga dengan pemberian bola ini bisa melahirkan atlit volly dari SMK Al Madani.

Kepala SMK Al Madani  Drs. Arief Sukirman menyampaikan “agar materi bela negara dan wawasan kebangsaan bisa diterima dengan baik maka acara ini dikemas dengan kegiatan outbound dengan para nara sumber dari Koramil.  Diharapkan kegiatanan ini para  generasi milenial untuk senantiasa kritis pada upaya memecah belah bangsa, merendahkan martabat bangsa, dan senantiasa terhadap upaya infiltrasi ideologi yang sangat halus yang ingin mengganti Pancasila dan ingin memecah belah NKRI.

 Kami sangat terharu apa yang dilakukan oleh Koramil Kepil ini.  Mereka datang tanpa diminta saat anak – anak selesai melaksanakan test semester.  Ini merupakan waktu yang sangat tepat, dimana anak – anak membutuhkan penyegaran  pikiran, Koramil datang menghibur mereka dengan kegiatan bela negara melalui outbound.  Ditambah lagi  selesai acara kami diberi alat olah raga, sungguh mengharukan bagi pihak sekolah.

Pendim 0707

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *