Polres Wonosobo Terjun Langsung Tangani Kekeringan

Infowonosobo.com – Polres Wonosobo bersama Aliansi Mahasiswa Wonosobo yang terdiri dari beberapa perguruan tinggi di Wonosobo yaitu Stikes Muhammadiyah Wonosobo dan Universtitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)
Jawa Tengah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Dusun Sikatok Desa Kejajar Wonosobo, Senin (7/10).

Bantuan air bersih diberikan karena sepanjang musim kemarau sejumlah 85 kepala keluarga
(KK) di dusun yang terletak persis di kaki Gunung Sindoro itu mengalami krisis air bersih. Sumber mata air yang biasanya dimanfaatkan mengalami penyusutan volume air.

Marsudiyono Sekertaris Camat Kecamatan Kejajar Mengatakan selama kurang lebih 6 bulan kekeringan warga dusun sikatok belum pernah mendapatkan bantuan air bersih dari pihak manapun, untuk mendapatkan air bersih mereka para warga harus mengangsu berjalan sejauh 5 KM untuk sampai ke sumber mata air dan alhamdulillah saya atas nama pemerintah dan mewakili atas nama warga sangat berterima kasih kepada para seluruh Jajaran Polres Wonosobo, BPBD Wonosobo, dan Aliansi Mahasiswa Wonosobo karena sudah berpartisipasi mengirimkan bantuan air bersih di dusun Sikatok ungkapnya.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK mengatakan bantuan air bersih yang diberikan kepada warga Dusun Sikatok merupakan bukti kepedulian aparat kepolisian terhadap warga yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih di Dusun Sikatok Desa Sigedang.

Air bersih yang disalurkan sebanyka 12 ribu liter diangkut dengan menggunakan satu unit mobil water cannon dan satu unit mobil tangki air milik BPBD setempat. Air bersih sebagian ditampung dalam bak penampungan dan dibagikan kepada warga secara langsung.

“Polres menggandeng teman-teman Aliansi Mahasiswa Wonosobo Stikes Muhammadiyah Wonosobo, Unsiq dan BPBD untuk bersama-sama menyalurkan air bersih. Ini merupakan bentuk kepedulian aparat kepolisian dan mahasiswa. Mahasiswa harus peduli warga yang mengalami krisis air bersih,” katanya.

Aliansi mahasiswa Wonosobo dalam rangka droping air bersih di desa sikatok Kejajar, musim karau menyebabkan beberapa titik daerah di Wonosobo mengalami Kekeringan dan kesulitan air bersih.

Nawang Giri Ayu Presiden Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Wonosobo mengatakan kami turut ikut membantu menyalurkan air ke dusun Sikatok karena ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami para mahasiswa kepada sesama manusia karena menurut saya membantu sesama adalah suatu amal ibadah yang tak tergantikan karena ini bisa menjadikan amal jariyah bagi kita katanya.

Nawang menambahkan saya berharap semoga kedepan seluruh aparatur negara, Mahasiswa, dan rakyat sipil bisa tetap saling bersinergi seperti ini agar persatuan dan kesatuan NKRI tetap terjaga dan tidak terpecah belah pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *