Ratusan Orang Ikuti Jambore TKSK

Infowonosobo.com – Satu dasawarsa sudah usia Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Dengan berbagai kiprahnya, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bertepatan sepuluh tahun usianya ini, diisi dengan kegiatan jambore perdananya yang dipusatkan di obyek wisata Telaga Menjer, Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo, Rabu (18/9).

Kegiatan tersebut dikemas dengan Bhakti Sosial Satu Dasawarsa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 selama tiga hari (17 – 19 September 2019).
.
Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial Kemensos RI, Syaifuddin mengatakan kegiatan ini perdana di Indonesia. Sehingga diharapakan bisa diikuti TKSK daerah lain di Indonesia. Karena menurutnya TKSK merupakan pilar-pilar Sosial SDM bagi masyarakat. Yang tidak diragukan lagi dalam bekerjanya, yang secara ikhlas dan dengan jiwa ke-relawanan-nya yang luar biasa, yaitu untuk umat dan Bangsa.

Acara pembukaan jambore Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)

Dia menambahkan dengan adanya TKSK, ikut andil dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. “Dan bahkan dengan adanya mereka, ikut andil dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia”, katanya.
.
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Yusadar Armunanto menyampaikan TKSK merupakan ujung tombak potensi sumber kesejahteraan sosial dalam pengabdian pendampingan sosial penanganan pengentasan kemiskinan dan masalah sosial khususnya di Jawa Tengah. Oleh karena itu semangat TKSK harus tetap maju jangan sampai kendur.
.
Jambore tersebut dihadiri peserta sebanyak 800 (Delapan ratus) orang, terdiri dari 573 (lima ratus tujuh puluh tiga) TKSK se-Jawa Tengah, 50 Karang Taruna, 50 orang Tagana dan Kampung Siaga Bencana (KSB), 50 orang Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdawis), 15 orang anggota Bumdes desa Maron. 50 orang Tokoh Masyarakat dan tokoh Agama, 12 orang Penggelola LK3.
.
Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Wonosobo Eko Purnomo. Dia ucapkan selamat Hari Ulang Tahun TKSK ke-10, Semoga di usianya yang semakin matang, TKSK semakin memiliki jiwa sosial yang tinggi pula, dan juga harus kebal terhadap rintangan di masyarakat. Dika/ red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *