Telah Lewati Gembleng 6 Bulan, Jaksa Agung Lepas 100 Jaksa PPPJ Angkatan 76

Infowonosobo.com, Jakarta – Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia (Kabandiklat) Setia Untung Arimuladi telah selesai menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan 76 Tahun 2019.

Sebanyak 100 jaksa yang telah mengikuti pendidikan PPPJ di Badiklat Kejaksaan Republik Indonesia digembleng selama 6 bulan. PPPJ diselenggarakan sejak tanggal 14 Juni 2019 sampai dengan 11 Desember 2019.

Bersama Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin, Kabandiklat Setia Untung Arimuladi melepas ke 100 jaksa yang telah lulus PPPJ angkatan 76 ini, di Komplek Badiklat Kejaksaan, Ragunan, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/12/2019).

Setia Untung Arimuladi menjelaskan, penilaian prestasi akademik yang diperoleh para peserta PPPJ dilakukan melalui rapat seluruh pejabat struktural Badan Diklat dan para penyelenggara. Dengan cara melakukan rekapitulasi seluruh nilai yang diperoleh dari widyaiswara dan para pengajar. Rapat itu dilaksanakan pada tanggal 26 November 2019.

“Dalam rangka penentuan peringkat, lanjut mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) ini, pihaknya telah melakukan audisi terhadap 37 peserta terbaik, dengan para penguji adalah perwakilan dari para Jaksa Agung Muda, Staf Ahli Jaksa Agung dan Widyaiswara. “Sehingga diperoleh 10 peserta terbaik,” ungkap Untung.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau itu menyampaikan, mereka yang mendapat peringkat pertama itu berdasarkan Keputusan Kepala Badan Diklat Kejaksaan R.I. Nomor : Kep-518/I/Itf/12/2019 tanggal 2 Desember 2019.

“Peserta terbaik mendapatkan penghargaan berupa piagam dan trophy Prima Adhyaksa,” sebut Untung.

Sebanyak 1000 jaksa yang mengikuti PPPJ angkatan 76 Tahun 2019 ini berasal dari dari Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri. Peserta dibagi dalam 3 kelas.

Selama mengikuti PPPJ, dijelaskan mantan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) ini, tenaga pengajar di Badiklat terdiri dari Widyaiswara, Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Kejaksaan, akademisi dan Praktisi Hukum.

Ada 10 peserta PPPJ angkatan 76 tahun 2019 ini. Mereka adalah Rizkisyah Karoen Nasution, Christian Dior Parsaoran S, Rizky Putradinata, Devika Beliani, Dewi K, Nathaniel, Dimas Tryanda Sani, Joko Firmansyah, Muhammad Imam Akbar dan Tomy Herlix.

Selain itu terdapat peserta PPPJ yang membuat program aplikasi dan IT yaitu Fajar Kurniawan Adhyaksa membuat aplikasi E-Kompilasi Hukum dan Arge Arif Suprabowo membuat aplikasi E- Asrama dan E-Evaluasi Widyaiswara/Pengajar.

Setia Untung Arimuladi juga menjelaskan, ada juga 10 peserta PPPJ yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris sangat baik dengan Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) di atas 550. Mereka adalah Rizkisyah Karoen Nasution, Shinta Danisa Ristita, Imdad Mahatfa Virya, Erwin Adiabakti, Nathaniel, Adelina Imelda Napitupulu, Febby Irwani, Noberth Yoel Lambila, Danu Bagus Pratama dan Frans Magnis.

Kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin dan para peserta maupun undangan yang hadir, Setia Untung Arimuladi juga mengatakan, sebelum dilantik, semua peserta PPPJ angkatan 76 Tahun 2019 telah mengikuti tes kesehatan narkoba. Dan semuanya bebas dari narkoba.

“Seluruh Calon Jaksa yang akan dilantik hari ini telah melalui tes kesehatan narkoba dan dengan hasil seluruhnya negatif,” ujar Untung.

Sebagai Ketua Panitia dalam acara pelepasan tersebut yakni Kepala Pusat Diklat Teknis dan Fungsional (Kapus DTF) Yusuf. Acara ini, juga dihadiri oleh Jaksa Agung Muda (JAM) Pidana Khusus Adi Toegarisman, JAM Pidum Ali Moekartono, JAM Pengawasan M Yusni, JAM Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono, JAM Datun Feri Wibisono, dan JAM Intelijen Jan S Maringka.

Selain itu, hadir para staf ahli Jaksa Agung diantaranya Tony Spontana, pejabat eselon I dan eselon II seperti Kepala Biro Kepegawaian Katerina Endang.JON

Sumber : sinarkeadilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *